8 Cara Modifikasi Hotspot

Apakah Anda merasa puas dengan koneksi Wi-Fi Anda saat ini? Ingin tahukah Anda cara-cara untuk lebih memperkuat dan mengamankan sinyal Wi-Fi? Inilah 7 modifikasi terbaik untuk koneksi Wi-Fi.

1. Tingkatkan kemampuan router Wi-Fi Anda dengan firmware DD-WRT
Perkuat Sinyal, atur pemakaian bandwith untuk aplikasi-aplikasi tertentu, ubah router tua Anda menjadi sebuah repeater dan lebih lagi dengan menginstal firmware berbasis Linux DD-WRT yang dapat memberikan banyak opsi konfigurasi baru untuk router nirkabel Anda.

2. Perkuat Sinyal Anda dengan sebuah kertas tinfoil
Apabila lokasi tinggi tetap tidak memberikan kekuatan sinyal yang memadai, buatlah sebuah parabola "Windsurfer" untuk memperkuat sinyal Wi-Fi anda dari kertas tinfoil

3. Berbagi jaringan komputer Anda secara nirkabel
Berada di sebuah kamar hotel dengan sebuah koneksi internet dan dua laptop? Sambungkan sebuah laptop dan gunakan komputer tersebut untuk berbagi koneksi internet dengan dua komputer secara nirkabel

4. Berhenti broadcast nama jaringan Anda
Matikan SSID broadcasting yang akan mencegah laptop tua biasa dan alat-alat lain. Hal ini akan mencegah pemakai biasa untuk mendeteksi AP Anda, namun hal ini tidak berlaku bagi pemakai yang memiliki aplikasi-aplikasi yang tepat, AP Anda dapat dideteksi oleh aplikasi-aplikasi tersebut.

5. Batasi Mac Address
Anda dapat membatasi alat-alat apa saja yang masuk ke jaringan nirkabel Anda dengan membuat sebuah daftar MAC Address yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan Anda (MAC atau Media Access Control Address adalah sebuah indentifikasi unik untuk semua alat seperti laptop, ponsel, repeater dll). Bukalah layar konfigurasi AP Anda dan masukkan daftar MAC address yang diperbolehkan menggunakan jaringan nirkabel Anda.

6. Gunakan enkripsi WPA
Sekuriti yang diberikan oleh jaringan nirkabel sama sekali tidak memadai, akan tetapi apabila AP Anda lebih aman dari yang lain, para hacker jahat lebih berkemungkinan untuk tidak menyentuh jaringan Anda. Kebanyakan AP menggunakan enkripsi WEP untuk mencegah pihak yang tidak berwenang dapat memakai jaringan nirkabel, akan tetapi jaringan WPA memberikan perlindungan yang jauh lebih baik. Untuk menggunakan WPA, di halaman administrasi situs Anda, ubah cara enkripsi dan pakailah sebuah kata kunci yang panjang dan sulit ditebak.

7. Tingkatkan jangkauan sinyal dengan sebuah repeater
Belilah sebuah repeater untuk Wi-Fi (atau ubah router Anda menjadi repeater) untuk meningkatkan jangkauan AP. Untuk Anda yang menggunakan jaringan kabel jauh dari AP, sebuah wireless bridge atau konverter Ethernet dapat digunakan untuk mengkonversi sinyak nirkabel dan menyediakan beberapa koneksi untuk jaringan ethernet.

8. Tingkatkan jangkauan Wi-Fi dengan penempatan yang lebih baik

  • Tempatkan access point Anda ditengah lantai teratas atau diatas sebuah perabot karena gelombang radio menyebar dengan baik ke arah bawah.
  • Penerimaan gelombang akan lebih baik apabila sinyal tidak perlu menyebar dengan sudut yang besar, melalui tembok tebal, kaca, akuarium, atau benda apapun yang terbuat logam.
  • Tempatkan komponen nirkabel jauh dari alat-alat lain yang menyebabkan interferensi seperti telepon nirkabel, microwave, dan lampu halogen.
  • Ubah Channel sinyak default dari AP Anda (biasanya 6) untuk menghindari interferensi milik AP tetangga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Cara Modifikasi Hotspot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel