Memindahkan Wordpress ke Domain Baru

Saat memutuskan untuk berpindah hosting tetapi tetap memakai domain yang sama, tentu wordpress juga perlu untuk dipindahkan. Dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk memindahkan wordpress ke dalam instalasi baru. Ada dua langkah besar yang perlu dilakukan yaitu memindahkan file dan database.


1. Untuk memindahkan file, siapkan file backup wordpress yang akan dipindahkan, biasanya penulis memakai plugin BackUpWordPress. Plugin ini akan mengumpulkan file dalam folder domain (file-file wordpress, folder wp-admin, wp-content,wp-include) dan dikompress dalam bentuk zip dan dapat di download langsung. Tidak hanya file tetapi siapkan juga database wordpress, plugin BackUpWordpress sudah menyertakan pilihan untuk backup database juga. Jadi yang ada dua file backup yang perlu disiapkan yaitu: backup-database.zip dan backup-file.zip.


backup-file-blogegnbp
backup-file



Catatan Penting!!!

Setelah Anda mendownload backup file, segera extract dan hapus wp-config.php!!. wp-config berisi pengaturan database dan setiap instalasi di domain baru akan menghasilkan nama database yang berbeda sehingga wp-config yang lama tidak dibutuhkan. Namun jika anda benar-benar membutuhkan wp-config yang lama, update wp-config di domain baru agar sesuai (kecuali di pengaturan database)

2. Di domain baru, masuk cPanel dan install wordpress pada domain baru. Instalasi bisa melalui FTP atau Softaculous Apps Installer (Jika sudah diinstal dapat dilewati langkah ini)

3. Masuk ke Cpanel (atau yang lain tergantung hosting anda) lalu pilih File Manager (atau program sejenisnya). Pilih ke public_html/domain_anda

File Manager

4. Pilih Upload lalu select file atau drag-and-drop backup-file anda. Jika proses upload sudah selesai lalu extract file tersebut. Langkah pertama memindahkan file telah selesai.

proses-upload-blogegnbp
proses upload

5. Untuk memindahkan database, dari cPanel masuk ke bagian database (penulis masuk melalui phpmyadmin). Pilih database yang dipakai wordpress. Jika bingung, anda dapat melihat database yang dipakai dari wp-config.php pada bagian DB_NAME

wp-config.php-DB_NAME-blogegnbp
wp-config.php


6. Hapus / DROP semua tables yang ada di database tersebut. Kita akan mengganti dengan table dari backup-database.

7. Import tables dari file backup-database.zip
import-database-blogegnbp
import database

8. Ubah wp-config.php di bagian table_prefix. Ubah nama table_prefix sesuai table yang sudah di-import. Contoh jika nama table users yang di-import adalah wpos_users maka table_prefix yang dipakai adalah wpos.
table_prefix_blogegnbp
table_prefix


9. Langkah terakhir adalah mengubah nama domain. Jika Anda memindahkan hosting sekaligus berpindah domain, maka nama domain lama di table harus diubah menyesuaikan nama domain baru. Jika Anda tidak memakai multisite maka cukup lima tables yang harus diubah nama domainnya, yaitu: blogs, options, site, sitemeta. Namun jika anda memakai multisite, table options dari setiap sites harus diubah.
ubah-nama-domain-blogegnbp
ubah nama domain


Demikian langkah-langkah memindahkan wordpress ke dalam domain yang baru.








Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memindahkan Wordpress ke Domain Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel