Kehebatan Smartphone Berkamera 100 Megapiksel Terbaik 2019

Kehebatan Smartphone Berkamera 100 Megapiksel Diperkirakan Hadir Tahun Ini
Smartphone dengan keunggulan kamera yang menggunakan resolusi tinggi bahkan sampai 100 Megapiksel mulai banyak dirilis. Contoh nyata dari hal itu adalah munculmya model smartphone dari parbrikan Xiaomi, Oppo, dan Vivo, yang kini sudah memberikan sajian ponsel berfitur kamera belakang dengan resolusi mencapai 48 megapiksel.

Tak hanya itu saja, belakangan ini berdasarkan keterangan dari Judd Heape, salah seorang senior Director of Product Management Qualcomm memberikan pernyataan bahwa smartphone dengan resolusi kamera 64 megapiksel hingga 100 megapiksel kemungkinan akan beredar di tahun 2019. Beliau menyampaikan begitu, karena produk teknologi terkini dari chip Qualcomm tersebut, misalnya Snapdragon 670, 675, 710, 845, hingga Snapdragon 855, sudah bisa digunakan untuk model kamera dengan sensor hingga 192 megapiksel walau tidak mesti memperoleh pembaruan software/hardware.

Dijelaskan pula bahwa fitur yang luar biasa yang disematkan para chip tersebut memang berguna untuk mendukung kamera resolusi tinggi tersebut. Hal itu pula yang selanjutnya beliau tambahkan dalam keterangannya dengan lebih detail, yakni adanya informasi mengenai undate keterangan spesifikasi untuk beberapa varian chip Snapdragon 670, 675, 710, 845, hingga Snapdragon 855.
"Kami melakukan update spesifikasinya untuk memberikan gambaran kepada publik bahwa sensor gambar dengan resolusi terbesar di dunia pun bisa dihubungkan dengan chip Snapdragon," kata Judd Heape.
Maka lazim untuk dikatakan, bahwa saat ini tidak ada vendor image sensor atau smartphone yang sudah melakukan pembaruan kamera dengan resolusi sebesar itu. Walaupun demikian, dimungkinkan pabrikan lain juga akan berbondong-bondong melakukan pembaharuan chip mereka sehingga akan beredar luas ponsel dengan kamera beresolusi 100 megapiksel di tahun 2019 ini, misalnya saja vendor dari Sony IMX586 48 megapiksel atau sensor 40 megapiksel 1/1.7 inci Huawei yang biasanya digunakan untuk pixel binning, yakni menggabungkan tiap empat piksel menjadi satu.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S10 - Harga, Kelebihdan dan Kekurangannya

Itu artinya, hasil potret gambar yang berasal dari sensor 48 megapiksel akan menghasilkan image dengan resolusi 12 megapiksel (12 dibagi 4). Penjelasan lain juga berlaku untuk sensor 64 megapiksel kemungkinan akan digunakan guna menghasilkan foto dengan resolusi 16 megapiksel (64 dibagi 4).

Adapun tujuan pixel binning tentu saja untuk memperbaiki kualitas gambar, terlebih proses foto pada cahaya yang minim (low-light). Cara kerjanya adalah memaksa ponsel melakukan pengambilan gambar dengan resolusi aslinya (48 atau 40 megapiksel) untuk meningkatkan ketajaman.

Selain sensor kamera dengan resolusi tinggi, beliau juga mengatakan bahwa chip flagship berikutnya dari Qualcomm bakal turut mendukung perekaman video dalam format HDR10+. Nama chip ini belum dibeberkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kehebatan Smartphone Berkamera 100 Megapiksel Terbaik 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel